MEDUSA (MEDICAL USAKTI CUP) 2018

MEDUSA (MEDICAL USAKTI CUP) 2018

MEDUSA 2018 diadakan pada tanggal 21 April 2018 merupakan salah satu ajang lomba ilmiah kedokteran tingkat nasional yang diadakan di Universitas Trisakti, Jakarta. Delegasi dari UNDIP mengirimkan 3 tim dalam cabang poster publik, poster ilmiah, dan literature review

-Dian Kafahasindaya (Kedokteran/2015)
-Riskia Nada SP (Kedokteran/2015)
-Britya Maudlika Intar Luvilla (Kedokteran/2015)
-Irhamni (Kedokteran/2016)
-Wenda Yoanda (Kedokteran/2015)
-Regina Oktavia Jaya (Kedokteran/2015)
-Shella Febriana (Kedokteran/2015)

Hasil karya:
Finalis Cabang Literature Review
-Wenda Yoanda (Kedokteran/2017)
-Regina Oktavia Jaya (Kedokteran/2017)
-Shella Febriana (Kedokteran/2017)

"Efektifitas Enkapsulasi Ginsenosida Rg1 (Panax Ginseng) dalam Nanocarrier LPC-DHA (Microalgae) Menembus Blood Brain Barrier sebagai Terapi Alternatif Penyakit Parkinson"

ABSTRAK

Penyakit Parkinson (PD), yang dikarakterisasi dengan kehilangan sel neuron dopaminergik di substansia nigra (SN) dan striatum (ST), merupakan gangguan neurodegeneratif terbanyak kedua di dunia. Namun, sampai saat ini, terapi klinis untuk PD kebanyakan hanyalah simtomatis dan belum ada terapi yang sudah terbukti benar-benar neuroprotektif. Terapi tersebut juga mempunyai banyak efek samping sehingga pengembangan terapi alternatif dari sumber natural dibutuhkan. Dalam artikel ini, penulis menggunakan metode non-systematic review dengan pencarian jurnal dibatasi tahun publikasi antara 2002-2017 untuk menganalisis keefektifan nanocarrier dengan bahan dasar herbal natural sebagai terapi alternatif penyakit Parkinson. Panax Ginseng adalah sebuah tanaman herbal yang kandungan ginsenosida Rg1-nya terbukti mempunyai efek neuroprotektif dan dapat menargetkan pada beberapa mekanisme terkait dengan patologi PD. Ini ideal untuk penanganan dan pencegahan PD yang penyebabnya multi faktor. Namun, dalam penggunaannya, ginsenosida Rg 1 sulit menembus Blood Brain Barrier (BBB). Oleh karena itu, liposome nanocarrier (LLDR) dengan sisipan lisofosfotidilkolin (LPC-DHA) di lipid bilayer digunakan untuk meningkatkan efektifitas tranpor Rg1. LPC-DHA adalah asam dokoheksanoat (DHA) dalam bentuk yang dapat dideteksi oleh reseptor protein Mfsd2a di BBB. DHA adalah bahan yang dapat diekstrak dari Microalgae, yang juga terbukti mempunyai efek neuroprotektif, yang dapat menargetkan beberapa mekanisme terkait dengan PD. Untuk preparasi LLDR adalah dengan metode thin film hydration. Uji transwell digunakan untuk memeriksa keefektifan LLDR menembus BBB in vitro pada kultur sel RBE4. Hewan mencit digunakan untuk memeriksa efek LLDR in vivo. Pole test akan dilakukan sebagai tes perilaku mencit dan pemeriksaan dengan anti tyrosin hidroksilase juga akan dilakukan untuk menganalisis efek LLDR pada sel dopaminergik di SN dan ST. Dari hasil analisis, LLDR yang terbuat dari bahan alami, berpotensi meningkatkan keefektifan transpor Rg1 ke dalam otak, meminimalisir efek samping serta menimbulkan efek sinergistik dalam pengobatan dan pencegahan perkembangan PD.

Finalis Cabang Poster Ilmiah
-Irhamni (Kedokteran/2016)

"Potensi GLP-1 Termodifikasi dalam Resensitifikasi Persinyalan Insulin di Otak pada Pasien Alzheimer Melalui Jalur PI3K/AKT/mTOR"



Finalis Cabang Poster Publik
-Dian Kafahasindaya (Kedokteran/2015)
-Riskia Nada SP (Kedokteran/2015)
-Britya Maudlika Intar Luvilla (Kedokteran/2015)

"TUNTAS cegah INSOMNIA"


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIASTINUM 2018 FK UMM

Hasanuddin Scientific Fair 2018